Skip to content

Tips Dari Seorang Sahabat

Belajarlah Dari Kebo…

Pernahkah Anda perhatikan, dari jendela kereta yang Anda tumpangi, kerbau di pinggir yang merumput dengan tenang dan tak sekalipun menengadahkan kepala untuk menengok dan bertanya, “gemuruh suara apa ini?”

Sementara di sisi yang lain, mungkin saja ada penggembala yang disibukkan oleh upaya untuk menenangkan kerbaunya karena panik mendengar suara gemuruh kereta.


Bagaimana cara menyembuhkan ketakutan kerbau yang kedua? Memindahkannya ke pedalaman agar ia bisa merumput di sana dengan tenang, atau membuatnya makin sering mendengar suara gemuruh kereta api?

Pilihlah alternatif kedua. Hadapi audience sesering mungkin, Anda akan berhenti malu dan takut. Segala buku mungkin bisa membantu. Tapi nyemplung adalah satu-satunya yang terbaik. Dokter memberi resep, tapi pasienlah yang harus menelan pil pahitnya.

Belajarlah berbicara dengan berbicara.

Gugup dan takut tak akan pernah benar-benar hilang. Public speaker besarpun masih menyimpannya. Daniel Webster adalah contohnya. Ia bahkan harus angkat kaki dari kursinya, saat pertama kali tampil untuk berbicara. Dia nervous. Glasdstone begitu juga. Beecher begitu juga. Bahkan Ronald Reagen juga terkenal akan kegugupannya saat hendak bicara.

Ada banyak cara untuk menekan rasa gugup dan takut berbicara. Kita bisa mencontoh dunia fisika. Untuk mengeluarkan udara dari gelas, isilah ia dengan air.

Published inRenugan

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *